Rabu, 25 Oktober 2017

Pengertian Implementasi (skripsi dan tesis)


Menurut Winarno (2002:125), Implementasi adalah pelaksanaan kebijakan dan strategi yang meliputi desain dan pengolahan berbagai sistem yang berlaku dalam organisasi untuk mencapai tingkat integrasi yang tinggi dari seluruh unsur yang terlibat yaitu manusia,struktur organisasi, proses administrasi dan manajemen, dana serta daya, kesemuanya dalam rangka pencapaian tujuan dan berbagai organisasi, dengan kata lain ruang lingkup dari kegiatan manajerial yang dihubungkan dengan implementasi dapat dikatakan sama dengan seluruh proses administrasi dan manajemen yang terlaksana dalam suatu organisasi.
Sedangkan menurut Jones (2001) implementasi adalah suatu kegiatan yang dimaksudkan untuk mengoperasikan sebuah program. Kegiatan untuk mengoperasikan dimaksud berisi tindakan-tindakan yang dilakukan oleh berbagai pihak (individu/pejabat-pejabat atau kelompok pemerintah atau swasta) dalam kebijakan tersebut guna mencapai tujuan yang diinginkan (Van Meter dan Van Horn dalam Budiningsih, 2013). Keberadaan implementasi kebijakan pada dasarnya adalah “jembatan” yang menghubungkan antara tindakan-tindakan dengan tujuan yang ingin dicapai dari suatu kebijakan. Dengan demikian dalam tahap implementasi kebijakan terdapat hubungan-hubungan yang menunjukkan sebab akibat (kausalitas) antara tindakan dengan tujuan kebijakan. Hal ini sejalan dengan pemahaman yang dikemukakan oleh Pressman dan Wildavsky (Jones, 20011) yang mengatakan bahwa implementasi kebijakan adalah kemampuan untuk membentuk hubungan-hubungan lebih lanjut dalam rangkaian sebab akibat yang menghubungkan tindakan dengan tujuan.
Berdasarkan uraian di atas maka implementasi adalah suatu kegiatan yang dimaksudkan untuk mengoperasikan sebuah program dimana melibatkan seluruh unsur yang terlibat yaitu manusia,struktur organisasi, proses administrasi dan manajemen, dana serta daya, kesemuanya dalam rangka pencapaian tujuan dan berbagai organisasi

Tidak ada komentar: