Jumat, 04 Agustus 2017

RANCANGAN PRE TEST POST TES DENGAN KELOMPOK KONTROL (skripsi dan tesis)


Dalam rancangan ini dilakukan randomisasi, artinya engelompokkan anggota-anggota kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dilakukan berdasarkan acak atau random. Kemudian dilakukan pretest (01) pada kedua kelompok tersebut dan diikuti intervensi (X) pada kelompok eksperimen. Setelah beberapa waktu dilakukan post tes (02) pada kedua kelompok tersebut. Bentuk rancangan ini sebagai berikut:


Pretest
Perlakuan
Posttest
Kel. Eksperimen
01
x
02
Kel. Kontrol
01

02

Dalam randomisasi (R) maka ke dua kelompok mempunyai sifat yang sama dilakukan ontervensi (perlakuan). Karena  ke dua kelompok sam apada awalnya, amak perbedaan hasil post test (02) pada kedua kelompk tersebut dapat disebut sebagai pengaruh dari intervensi atau perlkuan. Rancangn ini adalah salah satu rancangan yang terkuat dalam mengontrol ancaman-ancaman tehadap validitas.
Tetapi rancangan ini sulit dilaksanakan di lapangan karena biasanya sulit atau bahkan tidak mungkin melakukan randomisasi. Di samping itu, dari etika atau aspek alin sering tidak mungkin melakukan intervensi pada kelompok yang satu dan tidak melakukan ientrevensi pada kelompok lain. Rancangan ini dapat diperluas dengan melibatkan lebih dari satu variabelbeabs. Dengan kata lan, perlakuan dilakukan pada lebih dari satu kelompok, dengan bentuk perlakuan yang berbeda. Rancangan ini dapat digambarkan sebagai berikut:

Pretest
Perlakuan
Posttest
Kel. Eksperimen (a)
01
X (a)
02
Kel. Eksperimen (b)

X (b)
02
Kel. Kontrol
01

02
Pada rancangan ini, kesimpulan-kesimpulan mengenai efek perbedaan antara program (intervensi) satu dengan lainnya dapat dicapai tanpa menggunakan kelompok kontrol
(Soekidjo, 2010)

Tidak ada komentar: