Rabu, 07 Juni 2017

Pengertian Positioning Produk (skripsi dan tesis)


Positioning pada dasarnya dibutuhkan karena positioning menghasilkan posisi produk yaitu citra produk yang jelas, berbeda dan unggul secara relatif dibanding pesaing didalam benak konsumen. Untuk itu positioning penting dalam kegiatan pemasaran.
Menurut  (Kasali, 2005) positioning merupakan upaya atau strategi pemasar menanamkan citra, persepsi, atau imajinasi atas produk yang ditawarkan kepada konsumen melalui strategi komunikasi. Pemasar bersaing agar mereknya diingat, diprioritaskan oleh konsumen, dicintai dan dibeli setiap kali dibutuhkan. Menurut Kotler dan Armstrong (2003), Positioning adalah cara produk didefinisikan oleh konsumen berdasarkan beberapa atribut penting tempat yang diduduki produk dalam benak konsumen dibandingkan dengan produk-produk pesaing. Sedangkan menurut Assauri (2009) Positioning adalah cara untuk meningkatkan dan menempatkan produk yang kita buat dengan pesaing kita dalam pikiran konsumen, dengan kata lain positioning dipakai untuk mengisi serta memenuhi keinginan konsumen dalam kategori tertentu

Tidak ada komentar: