Sabtu, 11 Februari 2017

Karakteristik Individu (skripsi dan tesis)

Menurut Robbins (2006:171), karakteristik individu diukur melalui :
a.       Sikap
Sikap merupakan pernyataan-pernyataan evaluatif baik yang diinginkan atau tidak diinginkan mengenai obyek, orang atau peristiwa (Robbins,2006:93). Individu-individu di dalam organisasi menampakkan sikap menyangkut banyak hal berbeda. Beberapa karyawan menangani masalah dengan harapan akan menemukan solusi dengan bekerja sama dengan rekan kerja mereka (Daft,2003:7).
b.      Kepribadian
Kepribadian merupakan seperangkat karakter yang mendasari pola perilaku yang relatif stabil dalam merespon ide, obyek, atau seseorang dalam lingkungannya (Daft,2003:13). Karakteristik-karakteristik kepribadian mencerminkan beberapa kelompok perbedaan individual yang paling mendasar dalam organisasi (Griffin,2004:9).
c.       Motif
Motif adalah perangsang atau keinginan yang mendorong seseorang berbuat (Manullang,2005:147). Motivasi, daya perangsang atau daya pendorong yang merangsang dan mendorong karyawan untuk mau bekerja dengan segiatgiatnya berbeda antara karyawan satu dengan karyawan lainnya. Perbedaan ini disebabkan oleh perbedaan motif, tujuan dan kebutuhan dari masing-masing karyawan untuk bekerja, juga oleh karena perbedaan waktu dan tempat
d.      Kepentingan/minat
Kepentingan adalah sesuatu yang diinginkan oleh anggota atau karyawan untuk meraih tujuan-tujuan dalam organisasi (Griffin,2004:132). Organisasi menciptakan tim dalam organisasi untuk berbagai alasan, memberikan tanggungjawab yang lebih besar dalam hal kinerja, memberikan wewenang yang lebih besar dan memungkinkan organisasi menaikkan fleksibilitas dan daya tanggap (Griffin,2004:134).
e.       Pengalaman masa lalu
Pengalaman merupakan lamanya masa dinas seorang karyawan dengan perusahaan, divisi, departemen atau pekerjaan (Simamora,2004:498). Kinerja masa lalu seorang karyawan di pekerjaan serupa dapat menjadi indikator terbaik dari kinerja di masa yang akan datang (Simamora,2004: 206). Mengetahui pengalaman kerja seorang individu memerlukan pencarian informasi seputar keahlian, kemampuan, dan keinginannya untuk bekerja (Simamora,2004:238).
f.       Harapan
Harapan merupakan sesuatu yang diinginkan bagi seseorang untuk memperolehnya (Robbins,2006:283). Banyak faktor yang diharapkan bagi seseorang untuk bekerja, seperti tunjangan. Memberi tunjangan yang sama kepada semua karyawan mengasumsikan bahwa semua karyawan mempunyai kebutuhan yang sama. 

Tidak ada komentar: