Selasa, 27 Desember 2016

Pengertian Quality Function Deployment (QFD) (skripsi dan tesis)


Berikut ini dikemukakan beberapa definisi Quality Function Deployment menurut para pakar : “Quality Function Deployment didefinisikan sebagai suatu metode atau teknik yang digunakan untuk mengembangkan desain kualitas yang bertujuan untuk memuaskan pelanggan dan menterjemahkan permintaan pelanggan ke dalam target-target desain dan penilaian quality assurance (jaminan kualitas) untuk digunakan selama tahap produksi” (Akao, 1990).
QFD adalah metodologi terstruktur yang digunakan dalam proses perancangan dan pengembangan produk suntuk menetapkan spesifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen, serta mengevaluasi secara sistematis kapabilitas produk atau jasa dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen (Cohen, 1995).
Penggunaan metodelogi QFD dalam proses perancangan dan pengembangan produk merupakan suatu nilai tambah bagi perusahaan. Sebab perusahaan akan mempunyai keunggulan kompetitif dengan menciptakan suatu produk atau jasa yang mampu memuaskan konsumen.
QFD dalam Pengembangan produk, maka akan dikenal empat jenis tahapan, yaitu masing-masing adalah:
1.    Tahap Perencanaan Produk (House of Quality)
2.    Tahap Perencanaan Komponen (Part Deployment)
3.    Tahap Perencanaan Proses (Proses Deployment)
4.    Tahap Perencanaan Produksi (Manufacturing/ Production Planning)
Alat pokok yang digunakan dalam QFD adalah Rumah Kualitas (House of Quality). HOQ (House of Quality) menunjukan hubungan antara kebutuhan – kebutuhan konsumen yang ditranslasikan menjadi atribut-atribut teknis, sehingga dapat dikatakan bahwa HOQ merupakan inti dari QFD. HOQ merupakan gabungan dari beberapa matrir yang saling berhubngan satu dengan yang lainnya (Cohen, 1995).

Tidak ada komentar: