Belajar adalah proses yang melukiskan atau mengubah suatu
kegiatan melalui jalan latihan atau belajar adalah perubahan kelakuan berkat
pengalaman dan latihan (Nasution, 1982 : 38-39). Menurut Cronbach, belajar
adalah perubahan tingkah laku sebagai hasil pengalaman (Sardiman, 1980 : 50).
Menurut Witherington, belajar adalah suatu perubahan pada kepribadian pada
adanya pola sambutan baru, yang dapat berupa pengertian (Sardiman, 1980 : 51).
Belajar adalah proses yang diarahkan kepada tujuan,
proses perbuatan melalui berbagai pengalaman (Tim MKDK, 1990 :142) Menurut
Winkel (Darsono, 2002:4) mengemukakan, bahwa belajar adalah suatu mental atau
psikis yang berlangsung dalam interaksi
dengan lingkungan, yang menghasilkan perubahan dalam perubahan,pemahaman,
ketrampilan dan nilai sikap. Menurut Hamalik (2002:45). Belajar mengandung
pengertian terjadinya perubahan dari persepsi dari perilaku termasuk juga
perbaikan perilaku, misalnya pemuasan kebutuhan masyarakat dan pribadi yang
lengkap. Dari beberapa pendapat di atas, dapat ditunjukkan bahwa belajar
adalah perubahan tingkah laku atau
kecakapan manusia yang relatif permanen sebagai akibat interaksi dengan
lingkungan atau pengalaman.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar