Mastery Learning menawarkan
kemungkinan yang mengasyikan bagi yang akan menggunakan dan/atau
mempelajarinya. Para guru akan mencari sebagaimana yang mereka pahami dan
mencari penjelasan di sini bahwa: pertama, Mastery Learning memberi
suatu pikiran yang efisien dan efektif untuk mentransformasikan pendekatan yang
didasarkan pada group-based mastery learning ke dalam mutu pembelajaran secara
optimal masing-masing siswa. Prosedur ketuntasan akan bermanfaat pada
masing-masing guru untuk membuat investasi dan usaha dalam group-based
mastery learning yang memberi hasil dalam bentuk ketuntasan belajar hampir
pada semua siswa, tidak hanya pada beberapa siswa.
Kedua, strategi Mastery Learning relatif mudah dan murah. Artinya
menyesuaikan metode pembelajaran yang ada, bahan yang diperlukan, dan
karakteristik dari semua siswa sehingga dapat menjadi tawaran bagi siswa-siswa
untuk memenuhi pengembangan siswa. Ketiga, dengan menggunakan pendekatan mastery
pengatur kurikulum (administrator) dapat melakukan perubahan besar di
sekolah-sekolah sehingga diharapkan segala distribusi pencapaian cenderung
naik. Mereka dapat memastikan bahwa masing-masing siswa diberi kemampuan,
perhatian/minat, dan sikap yang mana akan mendorongnya untuk menyelesaikan
suatu level tertentu dan untuk melihat keuntungan dari suatu belajar. Mereka
juga dapat memastikan bahwa masing-masing siswa akan memperoleh pengalaman
kesuksesan belajar yang akan membantu memperkuat kepercayaan dirinya dan
membentenginya melawan rasa minder (Titikusumawati, Eti, 2008:7)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar