Senin, 17 Oktober 2016

Pelaksanaan Penilaian Prestasi Kerja.


Salah satu definisi mengemukakan bahwa “ Penilaian prestasi kerja adalah proses melalui mana organisasi-organisasi mengevaluasi atau menilai prestasi kerja karyawan “. ( Handoko Hani, 1995 : 135 ). Ahli lain memberikan pandangan bahwa penilaian prestasi kerja adalah sebuah proses yang melibatkan penentuan dan pemberitahuan kepada karyawan tentang prestasi kerja mereka dan penetapan rencana bagi pengembangan ( Rue dan Byars, 2000 : 400 )
Pandangan lain menyatakan bahwa “ Penilaian prestasi kerja karyawan pada dasarnya merupakan penilaian yang sistematik terhadap penampilan kerja karyawan itu sendiri dan terhadap taraf karyawan dalam upayanya mengembangkan diri imtil kepentingan perusahaan dan organisasi
 (Martoyo Susilo, 1990 : 84).
Di dalam melaksanakan prestasi kerja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memenuhi obyektifitas penilaian, yaitu :
a.    Siapa yang hendak melaksanakan penilaian atau bertindak sebagai penilai.
b.    Kapan penilaian akan diolah.
c.    Dimana hasil penelitian akan dilah
d.    Sifat-sifat rahasia dari penelitian.
e.    Pelatihan bagi penilai
f.     Memonitor efektifitas program penilaian.
Sesungguhnya yang akan bertindak sebagai penilai sangatlah tergantung pada besar kecilnya perusahaan. Bagi perusahaan yang masih kecil jumlah karyawan sedikit, maka yang bertindak sebagai penilai adalah pemilik perusahaan yang bersangkutan. Sebaliknya dalam perusahaan yang besar, dimana jumlah karyawan yang perlu diawasi cukup banyak, biasanya yang bertindak sebagai penilai adalah atasan langsung, karena secara pasti telah dapat menilai prestasi kerja karyawan.
Untuk menghindari tingkat subyektifitas yang tinggi dalam proses penilaian prestasi kerja bisa ditempuh dengan cara sebagai berikut :
a.    Menggunakan beberapa orang untuk menilai prestasi bawahan.
b.    Menilai kembali hasi penilaian seorang atasan dalam suatu departemen kerja.
c.    Dengan mengajak bawahan sendiri untuk melakukan penilaian terhadap diri sendiri.

Tidak ada komentar: