Senin, 17 Oktober 2016

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Kerja

Adapun factor-faktor yang mempengaruhi prestasi kerja menurut beberapa ahli yaitu motivasi dan kemampuan ( Donnelly, 2000 : 162 ). Apabila prestasi seseorang rendah, maka ini dapat merupakan hasil dari motivasi yang rendah atau kemampuannya tidak baik, atau hasil kedua komponen ( motivasi dan kemampuan ) yang rendah.

Faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi prestasi kerja adalah:
a.     Hubungan yang harminis antara pimpinan dengan bawahan terutama antara pimpinan kerja yang sehari-hari langsung berhubungan dan berhadapan dengan para pekerja bawahannya.
b.     Kepuasan para pekerja terhadap tugas dan hasil produktivitas yang memuaskan bagi perusahaan.
c.    Terdapat suatu rencana dan iklim kerja yang bersahabat dengan anggota-anggota lain organisasi apalagi mereka yang sehari-hari banyak berhubungan dengan pekerjaannya.       
d.    Rasa kemanfaatan bagi terciptanya tujuan organisasi yang merupakan tujuan bersama mereka yang harus diwujudkan secara bersama-sama pula.
e.    Adanya ketenangan kepuasan ekonomi dan kepuasan-kepuasan materiil yang memadai sebagai imbalan yang dirasakan adil terhadap jerih payah yang telah diberikan kepada organisasi.
f.     Adanya ketenangan jiwa, jaminan kepastian suatu perlindungan terhadap segala sesuatu yang dapat membahagiakan diri pribadi dan karier dalam pekerjaan.

Tidak ada komentar: