Minggu, 20 September 2015

Pengertian Surat Kabar (Konsultasi Skripsi, SKRIPSI, Komunikasi, Judul Komunikasi, Jogja)

Melalui ulasan dalam bukunya, John V. Pavlik dan Shawn McIntosh memberikan penjelasan tentang konsep surat kabar yang banyak ditemui di sekitar kehidupan kita:
Newspapers, as almost everyone knows, consist largely of words, pictures, and graphics printed on lightweight, inexpensive paper stock. They are very portable and inexpensive. They are typically printed either daily or weekly. Although they are called “news” papers, most newspapers consist mostly of advertising. (Pavlik; 2004: p. 77)

Seperti kita ketahui, surat kabar, terdiri dari kalimat, gambar dan grafis yang dicetak pada kertas berbahan ringan dan murah. Surat kabarbiasanya mudah dibawa dan harganya pun tak mahal. Biasanya mempunyai periode waktu terbit harian maupun mingguan. Meskipun disebut surat “kabar”, namun kebanyakan surat kabar yang ada memberikan porsi yang besar pada iklan. (Pavlik; 2004: p. 77). Misalkan pada  Kompas, maupun Republika merupakan contoh surat kabar yang ada di Indonesia. Walau mempunyai kesamaan karakter seperti mudah dibawa dan harganya yang terjangkau, ketiga mediatersebut mempunyai kebijakan yang berbeda untuk format medianya. Perbedaannya terletak pada jumlah kolom, pemilihan segmentasi pasar dan kebijakan redaksional dalam hal pemberitaan dan rubrikasinya (terbagi oleh wilayah geografis, meliputi berita lokal, nasional maupun internasional; danrubrik. Meliputi bisnis, budaya, kesehatan, ilmu pengetahuan, olah raga dan teknologi). 

Tidak ada komentar: