Minggu, 20 September 2015

Pengertian Humas (Konsultasi Skripsi, SKRIPSI, Humas, Judul Humas, Judul Komunikasi, Komunikasi, Jogja)

Definisi Humas menurut The International Public Relations Association (IPRA),
           “Humas adalah fungsi manajemen dari sikap budi yang direncanakan dan dijalankan terus menerus dengan mana organisasi-organisasi dan lembaga yang bersifat umum dan pribadi berusaha memperoleh dan membina pengertian, simpati dan dukungan dari mereka yang ada sangkut pautnya dengan menilai opini publik diantara mereka dengan tujuan sedapat mungkin menghubungkan kebijaksanaan itu ketatalaksanaan mereka, guna mencapai tujuan kerjasama yang lebih produktif dan untuk melaksanakan kepentingan bersama yang lebih efisien dengan jalan penerapan berencana dan tersebar luas”.

(Harlow dalam Ruslan 2002:16) menyatakan bahwa:
“Humas adalah fungsi manajemen yang khas dan mendukung pembinaan, pemeliharaan jalur bersama antara organisasi dengan publiknya, menyangkut aktifitas komunikasi, pengertian penerimaan dan kerja sama, melibatkan manajemen dalam menghadapi opini publik, mendukung manajemen dalam mengikuti dan memanfaatkan perubahan secara efektif, bertindak sebagai sistem peringatan dini dalam mengantisipasi kecendrungan pengguna penelitian serta teknik komunikasi yang sehat dan etis sebagai sarana utama.

Sedangkan (JC. Seidel dalam Suhandang 2004:44) memberikan definisi

humas adalah proses yang berkelanjutan dari usaha manajemen untuk memperoleh jasa baik dan pengertian dari para pelanggannya, pegawai-pegawainya dan publik pada umumnya, ke dalam dengan mengadakan analisa dan perbaikan-perbaikan terhadap diri sendiri, keluar dengan pernyataan-pernyataan yang berarti (menguntungkan). 

Berbagai pendapat tersebut menunjukkan bahwa pada intinya Humas adalah bagian integral dari organisasi yang berfungsi untuk menjalin komunikasi timbal balik antara organisasi dengan publik yang diarahkan untuk mencapai kepentingan yang ditetapkan organisasi. 

Tidak ada komentar: