Minggu, 20 September 2015

Konsep Kepuasan Pelanggan (Konsultasi Skripsi, SKRIPSI, Humas, Judul Humas, Manajemen, Judul Manajemen, Jogja)

). (Engel,  2002.20), ”menyatakan bahwa kepuasan pelanggan merupakan evaluasi purnabeli dimana alternatif yang dipilih sekurang - kurangnya sama atau melampaui harapan pelanggan. Sedangkan ketidakpuasan timbul apabila hasil ( outcome ) tidak memenuhi harapan”.
 ( Tjiptono & Anastasia, 2003 : 102 ). ”Apabila kualitas jasa yang diberikan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan pelanggan, maka akan timbul rasa tidak puas atau keluhan. Apabila rasa ketidakpuasan atau keluhan dari pelanggan terhadap suatu jasa pelayanan terus berlanjut tentu akan berdampak negatif terhadap keberhasilan jasa pelayanan tersebut”.
Menurut (Fandy Tjiptono 2004 : 24) beberapa penyebab utama tidak terpenuhinya harapan pelanggan :
”Diantara beberapa faktor penyebab tersebut ada yang bisa dikendalikan oleh penyedia jasa. Dengan demikian penyedia jasa bertanggung jawab untuk meminimumkan miskomunikasi dan misinterpretasi yang mungkin terjadi dan menghindarinya dengan cara yang mudah dipahami dengan jelas. Dalam hal ini penyedia jasa harus mengambil inisiatif agar ia dapat memahami dengan jelas instruksi dari klien dan klien mengerti benar apa yang akan diberikan”.
Sebelum menggunakan suatu jasa, pelanggan sering memiliki empat skenario jasa yang berbeda ( dalam benaknya ) mengenai apa yang bakal dialaminya, sesuai dengan biaya yang dikeluarkan untuk pelayanan jasa tersebut yaitu :
1. Jasa yang ideal.
2. Jasa yang diantisipasi atau diharapkan.
3. Jasa yang selayaknya diterima (diserved).
4. Jasa minimum yang dapat ditoleransi (minimum tolerable).
Apabila “ jasa minimum yang dapat ditoleransi “ yang diharapkan, lalu terjadi sama dengan atau bahkan melampaui harapan tersebut, maka akan timbul kepuasan. Sebaliknya bila yang diharapkan “ jasa ideal “, maka bila yang terjadi kurang dari harapan tersebut, maka akan terjadi ketidakpuasan. (Tjiptono, 2000 : 151 )
Kepuasan pelanggan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja (atau hasil) yang dirasakan dibandingkan dengan harapannya. 

Tidak ada komentar: