Kamis, 02 Oktober 2014

Konsultasi Skripsi; Batuan Pasir

Menurut Pettijohn, batu pasir dibagi menjadi tiga kelompok yaitu : Orthoquartzites, Graywacke, dan Arkose. Pembagian ini didasarkan pada jumlah kandungan mineralnya :
a.       Orthoquartzites.
Orthoquartzites merupakan jenis batuan sedimen yang terbentuk dari proses yang menghasilkan unsur silica yang tingggi, dengan tidak mengalami metaformosa (perubahan bentuk) dan pemadatan, terutama terdiri atas mineral kwarsa (quartz) dan mkneral lainnya yang stabil. Material pengikatnya (semen) terdiri dari atas carbonate dan silica. Orthoquartzites merupakan jenis batuan sedimen yang relatif bersih dari kandungan shale dan clay.
b.       Graywacke
Graywacke merupakan jenis batu pasir yang tersusun dari unsur-unsur mineral yang berbutir besar, terutama kwarsa dan feldspar serta fragmen-fragmen batuan. Material pengikatnya adalhan clay dan carbonate. Secara lengkap mineral-mineral penyusun Graywacke terlihat pada tabel 2.2. Komposisi Graywacke tersusun dariunsur silica dengan kadar lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata batupasir dan kebanyakan silica yang ada bercampur dengan silikat (silicate).
c.       Arkose
Arkose merupakan jenis batupasir yang tersusun dari quatz sebagai mineral yang dominan meskpin serimngkali mineral arkose felspar jumlahnya lebih banyak dari quatz.

Jogja, Yogyakarta,

Tidak ada komentar: