Jumat, 26 September 2014

Konsultasi Skripsi; Unsur Kedisiplinan

Menurut Sutrisno (1984 :34), unsur-unsur yang terdapat dalam kedisiplinan pada individu dalam kaitannya melakukan aktivitas adalah sebagai berikut :
a.       Pengetahuan tentang pekerjaan yang harus dilaksanakan
b.      Kesadaran bahwa individu adalah sebagai orang yang dipercaya untuk melaksanakan tugas dan kewajiaban sehingga mempunyai rasa tanggung jawab.
c.       Ketaatan atau kepatuhan terhadap segala peraturan atau ketentuan yang berlaku
d.      Ketertiban didalam melaksanakan segala apa yang dikerjakan sehingga dapat dihindari penyimpangan-penyimpangan yang mungkin terjadi
e.       Inisiatif yang menunjang apa yang harus dilakukan sehingga dapat dihindari penyimpangan-penyimpangan yang mungkin terjadi
f.       Inisiatif yang menunjang kelancaran pelaksananaan tugas sehingga tidak melakukan seperti halnya melakukan dengan pola-pola yang itu-itu saja
g.      Rasa senang hati, tidak dipaksa auatu terpaksa
h.      Dilakukan sanksi dengan sungguh-sungguh
Menurut  Sukardi (2005 : 10) aspek penting yang berkaitan dengan disiplin siswa yaitu : tempat, waktu dan aturan – aturan. Seorang siswa dapat dikatakan disiplin apabila :
a.       Segala perilakunya disesuaikan dengan tempatnya
b.      Segala pekerjaannya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, dan segala perbuatannya disesuiakan dengan aturan yang berlaku.
Selanjutnya, Gunarsa ( 1992 : 143) mengemukakan aspek-aspek kedisiplinan sebagai berikut : a) pembagian waktu, b) menepati janji, c) pemanfaatan waktu, d) mematuhi peraturan yang berlaku.
a.       Pembagian waktu
Pembagian waktu merupakan suatu cara bagaimana siswa membuat rencana jadwal belajar. Untuk membagian waktu ini harus dipertimbangkan dengan baik, karena ini akan berpengaruh dalam kegiatan siswa. Ketrampilan siswa dalam membagi waktu merupakan suatu hal yang sangat penting dalam masa studi maupun masa seluruh kegiatan siswa. Bagi setiap siswa ketrampilan mengelola waktu harus dikembangkan, dimahirkan, dan diterapkan.
b.      Menepati jadwal
Menepati jawdwal merupakan pelaksanaan dari jadwal kegiatan yang harus di usahakan dan dipatuhi karena akan berhubungan dengan hasil yang akan didapat. Utuk mendapatkan hasil yang lebih baik maka perlu dipatuhi, namun bila jadwal itu telah dibuat tetapi tidak dipenuhi maka efisiensi hasil tidak akn terwujud.
c.       Pemanfaatan waktu
Pemanfaatan waktu merupakan cara bagaimana seorang siswa menggunakan waktunya dengan baik.
d.      Mematuhi aturan yang berlaku
Mematuhi aturan-aturan yang berlaku merupakan wujudkedisiplinan di sekolah, seperti kedisiplinan dalam ujian, dan kedisiplinan tata tertib kelas dan sekolah. 
Bertitik tolak dari delapan unsur pokok disiplin tersebut, dapat ditentukan unsur-unsur disiplin dalam malaksanakan tata tertib disekolah meliputi :
a.       Pengetahuan
b.      Kepatuhan
c.       Keterlibatan dalam melaksanakan tugas
d.      Inisiatif dalam mengerjakan tugas

Tidak ada komentar: