Jumat, 26 September 2014

Konsultasi Skripsi; Tujuan Pembentukan Disiplin

Menurut Hurlock (2000 : 83) ada beberapa fungsi dan tujuan penerapan kedisiplinan pada anak yaitu :
a.       Kedisiplinan memberi rasa aman dengan memberitahukan apa-apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Jadi penerapan kedisiplinan pada anak akan mebentuk pribadi yang bertanggung jawab terhadap segala peraturan yang telah diterapkan.
b.      Kedisiplinan memunkinkan anak hidup menurut standar yang disetujui kelompok sosial dan dengan demikian memperoleh persetujuan sosial. Dengan demikian, perilaku anak dapat diterima oleh masyarakat.
c.       Kedisiplinan yang sesuai dengan perkembangan berfungsi sebagai motivasi pendorong ego yang mendorong anak mencapai apa yan diharapkan darinya.
d.      Kedisiplinan membantu anak mengembangkan hati nurani dalam mengambil keputusan dan pengendalian perilaku.
Menurut Rahman ( Tu’u, 2004 : 35-36) tujuan disiplin pada siswa adalah sebagai berikut :
a.       Memberikan dukungan bagi terciptanya perilaku yang tidak menyimpang.
b.      Membantu siswa memahami dan menyesuaikan diri dengan tuntutan yang  lingkungan
c.       Cara menyelesaikan tuntutan yang ingin ditunjukkan peserta didik terhadap lingkungannya
d.      Untuk mengatur keseimbangan keinginan individu satu dengan individu lainnya.
e.       Menjauhkan siswa melakukan hal-hal yang baik dan benar.
f.       Peserta didik belajar hidup dengan kebiasaan-kebiasaan yang baik, positif dan bermanfaat baginya dan lingkungannya.
Kebiasaan baik menyebabkan ketenangan jiwanya dan lingkungannya

Tidak ada komentar: