Senin, 03 Desember 2012

Judul Skripsi Psikologi: Pengukuran Kepuasan Hidup

Pengukuran kepuasaan hidup didasarkan pada Student’s Life Satifactions Scale oleh Diener. Secara singkat maka diungkapkan bahwa Life Satifaction scale merupakan penilaian individu remaja terhadap segala peristiwa yang dialami dengan harapan dan keinginannya  yang terdiri atas :
Angket kepuasan hidup berjumlah 37 item. Pembagiannya adalah kepuasan terhadap diri 8 item, kepuasan terhadap keluarga 8 item, kepuasan terhadap sekolah 6 item, kepuasan terhadap kawan 9 item dan kepuasan terhadap lingkungan 6 item adapun interval angket ini berkisar antara sangat puas dan sangat tidak puas dengan skala penilaian berkisar antara 1 sampai 5
a.    Kepuasan terhadap diri sendiri
Kepuasan terhadap diri sendiri merupakan upaya untuk mengkaji bagaimana seseorang memandang diri sendiri. Hal ini diungkapkan dengan kata-kata yang paling sering digunakan untuk menggambarkan diri sendiri baik dalam afek positif maupun negatif
b.    Kepuasan terhadap keluarga
Keluarga sebagai lingkungan terdekat seorang individu memiliki peran penting dalam diri seorangindividu memandang kepuasan hidup. Oleh karenanya dalam penguukuran kebahagiaan hidup maka digunakan sebagai upaya seseorang untuk menggambarkan kepuasaan hidup dipandang dari dirinya melihat peranan keluarga. Hal ini digambarkan melalui kata-kata yang merujuk pada pandangan seeorang mengenai keluarga.
c.    Kepuasan terhadap kawan,  sekolah dan lingkungan masyarakat
Lingkungan remaja termasuk diantaranya adalah teman dan sekolah merupakan kondisi di sekitar si remaja yang ikut mempengaruhi bagaimana dalam emandang kepuasan hdiup. Lingkungan dimasukkan sebagai tempat dimana si remaja melakukan hubungan sosial serta mendapatkan berbagai pemuhan kebutuhan hidupnya misalkan sumber keuangan, kesempatan untuk mendapatkan informasi baru dan keterampilan tertentu, peran serta dan kesempatan untuk rekreasi atau aktivitas santai, lingkungan rumah, kemampuan menjangkau pelayanan kesehatan dan sosial, serta transportasi. Oleh karenanya mengkaji mengenai lingkungan sangat penting untuk mengungkap bagaimana seorang remaja menggambarkan kebahagiaan hidup. 

Tidak ada komentar: