Jumat, 07 Desember 2012

Judul Skripsi Psikologi, Pendidikan; Aspek Prestasi Belajar

Menurut Gagne (Seifert, 2008), ada lima aspek prestasi belajar, yaitu:
a.    Kecakapan intelektual
Kecakapan intelektual meliputi diskriminasi, konsep dan aturan. Bentuk kecakapan intelektual yang paling konkrit adalah diskriminasi
1)    Diskriminasi, yaitu kecakapan untuk membedakan objek dari ciri-ciri nyata objek tersebut atau menyadari perbedaab dari dua buah objek.
2)    Kecakapan konsep terdiri dari pengelompokkan mental terhadap objek atau peristiwa yang saling berhubungan satu sama lain.
3)    Kecakapan aturan, yaiu mengaplikasikan sejumlah hubungan diantara sejumlah konsep mnjadi sebuah contoh yang khusus.
b.    Strategi kognitif
Strategi kognitif ialah menemukan metode untuk membuat proses berpikir dan belajar menjadi lebih efektif. Misalnya, menggunakan cara yang paling efisien dalam mengingat nama-nama. 
c.    Kecakapan verbal
Kecakapan verbal yaitu kemampuan untuk menyatakan label, fakta atau makna esensial dari pengetahuan verbal. Misalnya, mengutip nama-nama negara Eropa atau menyatakan esensi dari sebuah alamat.
d.    Kecakapan motorik
Kecakapan motorik yakni memperlihatkan sebuah tindakan menurut standar-standar kesempurnaan. Misalnya berenang, menulis.
e.    Kecakapan sikap
Kecakapan sikap ialah memilih untuk bertindak dengan satu cara ketimbang cara lain atau memilih sebuah rangkaian kegiatan tertentu. Misalnya memilih untuk mengerjakan Pekerjaan Rumah ketimbang pergi nonton ke bioskop.

Tidak ada komentar: