Jumat, 07 Desember 2012

Judul Skripsi Psikologi, Pendidikan; Pengertian Prestasi Belajar

Prestasi adalah sebuah hasil yang dicapai dari proses aktivitas yang berlangsung secara baik, dan prestasi belajar berarti sebuah hasil yang memuaskan dari proses belajar yang baik (Winkel, 1983). Menurut Purwanto (2003), prestasi merupakan penilaian terhadap sesuatu yang digunakan untuk menilai hasil-hasil pengajaran yang diberikan guru pada siswanya dalam waktu tertentu.
Belajar menurut Whittaker (dalam Djamarah, 2002) sebagai proses tingkah laku yang ditimbulkan atau diubah melalui latihan atau pengalaman. Cronbach (dalam Djamarah, 2002) juga berpendapat belajar sebagai suatu aktivitas yang ditunjukkan oleh perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman.
Belajar ialah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya (Slameto, 2003). Sedangkan menurut Djamarah (2008), belajar adalah serangkaian kegiatan jiwa raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya yang menyangkut kognitif, afektif, dan psikomotor.
Belajar adalah kegiatan yang berproses dan merupakan unsur yang sangat fundamental dalam setiap penyelenggaraan jenis dan jenjang pendidikan. Ini berarti bahwa berhasil atau gagalnya pencapaian tujuan pendidikan itu amat bergantung pada proses belajar yang dialami siswa, baik ketika ia berada di sekolah maupun di lingkungan rumah atau keluarganya sendiri (Syah, 2010). Menurut Syah (2009), belajar dapaat dipahami sebagai tahapan perubahan seluruh tingkah laku individu yang relatif menetap sebagai hasil pengalaman dan interaksi dengan lingkungan yang melibatkan proses kognitif.
Azwar (1996) berpendapat bahwa prestasi atau keberhasilan belajar pada proses belajar di sekolah dapat dioperasionalisasikan dalam bentuk indikator-indikator berupa nilai raport, indeks prestasi studi, angka kelulusan, predikat keberhasilan dan semacamnya. Menurut Hidayati (1997), tujuan belajar adalah untuk mencapai hasil belajar yang baik. Hasil belajar tersebut merupakan hasil suatu proses belajar seseorang yang berupa pengertian-pengertian baru, kecakapan maupun kematangan dalam bersikap dan bertindak yang dapat diukur dengan alat yaitu tes. Hasil pengukuran dengan tes ini dapat mencerminkan kemampuan yang disebut dengan istilah prestasi belajar.
Dalam bidang pendidikan prestasi akademik merupakan hasil dari berbagai faktor antara lain faktor kemampuan dasar dan bakat yang dimiliki serta fasilitas yang memadaai. Kegagalan dalam prestasi akademik bisa disebabkan karena kemampuan dasarnya tidak menyokong atau bakatnya kurang menunjang, atau kurangnya fasilitas yang memungkinkan mengaktualisasikan kemampuan dasar dan bakat khusus yang sebenarnya dimiliki (Gunarsa dan Gunarsa, 2008).

Tidak ada komentar: