Jumat, 07 Desember 2012

Judul Skripsi Psikologi; Pemahaman Kesadaran

Terdapat begitu banyak penggunaan istilah kesadaran yang jika kita telusuri dalam jurnal teks berbahasa inggris yang bisa berasal dari kata awareness, consciousness dan mindfulness. Istilah consciousness digunakan untuk pengertian kesadaran diri secara lebih luas dan didukung munculnya Journal of Consciousness Studies di awal tahun 90an. Istilah awareness saat ini digunakan untuk pengertian keadaan sadar terjaga terkait keadaan internal dan eksternal individu. Sedangkan istilah mindfulness,  Kabat dan Zinn (Bishop, 2002; 2004) menjelaskan bahwa mindfulness merupakan proses yang mengantarkan kualitas perhatian kepada pengalaman disini-saat ini tanpa perlu mengelaborasi, tanpa penilaian; dan penerimaan akan pikiran, perasaan, ataupun sensasi yang muncul dari pusat keadaan sadar terjaga saat ini. Dari ketiga asal kata tersebut cukup membuat kita merasa kebingungan untuk mendefinisikan tentang kesadarans secara khusus.
Baihaqi, dkk (2005) menyatakan kesadaran adalah kemampuan individu untuk memahami ransang-ransang timbul dari dalam dirinya maupun dari luar dirinya, melalui pancaindera dan perhatiannya, sehingga individu tersebut mampu melakukan hubungan dan pembatasan yang baik dengan lingkungannya, kondisi sekelilingnya (waktu, tempat, dan keadaan secara umum) atau dengan dirinya sendiri (pikiran, perasaan, atau kebutuhan-kebutuhannya).
Menurut Kamus Besara Bahasa Indonesia, sadar berarti insyaf, merasa, tahu dan mengerti. Kesadaran adalah keinsyafan, keadaan mengerti yang terwujud dalam pemikiran, sikap dan tingkah laku yang mendukung pengembangan hidup yang disadari tersebut (DepDikBud, 1996)
Kesadaran, menunjuk pada pengetahuan atau pemahaman penuh atas kesadaran dalam mengalami diri sendiri dan diri dalam kaitannya dengan orang lain. Menunjuk pada keterjagaan atas respon respon internal seseorang pada fenomena eksternal. Sears, Freedman & Peplav ( 1991 ) berpendapat bahwa individu dikatakan memiliki kesadaran bila dia mulai merasakan dan atau mempelajari sesuatu hal yang ada disekitarnya dan dia berusaha sesuatu untuk menghadapinya
Rychlak (1997) mengemukakan bahwa tidak ada konsep dalam psikometri maupun psikologi yang mempunyai arti begitu jamak seperti kesadaran, karena didalam kesadaran terkandung arti pemahaman, perhatian, Pilihan, Regresi,  sugesti, milik dan definisi definisi lainnya. Kesadaran tidak hanya berkaianh dengah apa yang terjadi didalam diri seseorang tetapi juga apa yang terjadi diluar dirinya. Kesadaran juga mempunyai isi dan proses. Kesadaran sebagai suatu proses tidak akan berubuah walaupun isi dan Kesadaran itu bisa berubah
Husserl yang dikutip Brauwer (1986) menyatakan bahwa kesadaran adalah pikiran sadar ( pengetahuan ) yang mengatur akal, hidup wujud yang sadar, bagian dari sikap/ prilaku, yang dilukiskan sebagai gejala dalam alam dan harus dijelaskan berdasarkan prinsip sebab musabab. Tindakan sebab, pikiran inilah yang menggugah jiwa untuk membuat pilihan, misalnya memilih baik – buruk, indah – jelek.
Menurut joseph Murphy ( 1988 ), kesadaran adalah siuman atau sadar akan tingkah lakunya, yaitu pikiran sadar yang mengatur akal dan dapat menentukan pilihan yang diingini misalnya baik - buruk, indah –jelek dan sebagainya. Poedjawijatna ( 1986 ), menyatakan bahwa kesadaran adalah sadar berdasarkan pengetahuan, yaitu pengetahuan tentang tergugahnya jiwa terhadap sesuatu , sadar dan tahu itu sama. Buletin para navigator ( 1988 ), menyatakan bahwa kesadaran adalah, modal utama bagi setiap orang yang ingin maju. Secara garis besar sadar itu sadar itu dapat diukur dari beberapa aspek, antara lain : kemampuan membuka mata dan menafsirkan apa yang diilhat, kemampua aktifitas, dan kemampuan berbicara. Jika seseorang mampu melakukan ketiga aspek diatas maka dialah yang bisa disebut sadar. Dari segi lain kesadaran adalah hak dan kemampuan kita untuk menolak melakukan keinginan orang lain atau sesuatu yang diketahui buruk/tidak bermanfaat bagi dirinya.
Bandura ( 1986), secara garis besar menyatakan kesadaran ( consciousness adalah menjadi sadar ( being aware ) atas kejadian kejadian eksternal yang terjadi disekitar individu, apa yang dipikirkan, dirasakan dan dilakukan. Kesadaran akan hidup ( life consciousness ) berkaitan dengan apa yang terajadi sekarang dan kini. Tapi individu juga dipengaruhi oleh kejadian kejadian masa lalu sehingga mereka bisa mengantisipasi, merencanakan dan mengkhawatirkan hari esok
Duval & Wicklund ( dalam Brehm dan Kessin, 1990 ) berpendapat bahwa Kesadaran adalah pengarah internal individu mengenai apa yang dia pikir harus dilakukan. Teori self awareness menyebutkan bahwa perhatian pada diri (kesadaran diri ) membawa sensitifitas untuk menyatukan nilai nilai dalam diri individu dan prilaku yang diambil. Self  Awareness adalah fungsi kognitif yang paling tinggi, sering disebut sebagai metakognitif, yaitu pengetahuan tentang apa saja yang diketahui.

Tidak ada komentar: