Senin, 03 Desember 2012

Judul Skripsi Psikologi:Posisi dan Peranan Perempuan Di Dalam Lingkungan Sosial

Pembicaraan mengenai peranan selalu dikaitkan dengan status mengingat kedua hal tersebut seperti dua sisi mata uang yang saling berkaitan. Peranan wanita yangideal dalam kebudayaan patriarki adalah menjadi seorang ibu rumah tangga yang baik. Namun saat ini hal tersebut sudah mengalami pergeseran dalam hal pembagian peranan/kerja antara pria dan wanita dalam keluarga dan rumah tangga.
Menurut  Pudjiwati (1983) terdapat dua tipe peranan wanita sebagai berikut:
a.    Pola peranan tipe pertama di mana peranan wanita digambarkan seluruhnya hanya dalam pekerjaan rumah tangga atau pekerjaan rumah tangga atau pekerjaan pemeliharaan kebutuhan hidup semua anggota keluarga dan anggota rumah tangga.
b.    Pola peranan, di mana wanita mempunyai dia peranan, yaitu peranan dalam pekerjaan rumah tangga dan di bidang mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarga, baik sebagai pencariu nafkah utama maupun sebagai pencari nafkah tambahan.
Sedangkan dalam Kartono (2006) wanita dalam lingkungan sosial diharapkan memiliki posisi yang dihasilkan dari besarnya peranan yang dapat dilaksanakannya. Peranan yang diharapkan masyarakat dari seorang perempuan adalah:
1.  mempunyai rencana dan tujuan hidup. Daklam hidupnya melalui rencana dan tujuan hidup maka perempuan akan menjalankan peranan yaitu dengan menggariskan tujuan hidup kemudian mengkaitkan diri pada prinsip yang telah ditentukan sendiri serta konsekuen dan bertanggung jawab menca[ai tujuan hidupnya.
2.  kerja atau karya. Perempuan diharapkan mempunyai kerja atau karya yang bermanfaat bagi dirinya sendiri dan masyarakat
3.  pembentukan diri dan stabilitas normatif yaitu perempaun dapat bertangggung jawab terhadap dirinya sendiri dan masyarakat
4.  kemandirian susila dan bertanggung jawab
5.  partisipasi aktif dan konstruktif

Tidak ada komentar: